PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN ANATOMI YANG MENGGUNAKAN PREPARAT BASAH (KADAVER) DENGAN PREPARAT KERING PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO

Authors

  • Indah Puspasari Kiay Demak Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
  • Puspita Sari Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah
  • Fistra J. Tandirerung Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah

DOI:

https://doi.org/10.22487/htj.v4i3.74

Keywords:

Anatomi, Pemahaman, Preparat Basah, Preparat Kering

Abstract

Latar Belakang. Anatomi telah menjadi dasar dari ilmu kedokteran selama ratusan tahun. Seiring dengan perkembangan zaman, pembelajaran anatomi telah mengalami perkembangan dalam konten dan metodologi. Saat ini, pengajaran anatomi menggunakan tiga metode utama yaitu buku, preparat basah (kadaver), dan preparat kering. Namun, perdebatan mengenai cara atau metode mengajar anatomi yang paling efektif terus berlanjut dan belum ada solusi untuk memecahkan perdebatan yang ada.
Metode. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 55 mahasiswa kedokteran tahun kedua Universitas Tadulako. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Test.
Hasil. Hasil uji Wilcoxon Signed Test menujukkan nilai p = 0,545. Artinya, tidak terdapat perbedaan tingkat pemahaman dalam pembelajaran anatomi yang menggunakan preparat basah dan preparat kering pada mahasiswa tahun kedua program studi kedokteran Universitas Tadulako.
Kesimpulan. Tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada tingkat pemahaman dalam pembelajaran anatomi yang menggunakan preparat basah (kadaver) dengan preparat kering.

Author Biographies

Indah Puspasari Kiay Demak, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Puspita Sari, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah

Fistra J. Tandirerung, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah

References

Vishnumaya G, Ramnarayan, K. An Appraisal of Anatomy Teaching dan Learning by Undergraduate Nursing Student in a Multiprofessional Context : A Study Done at A Medical School in South India. 2009; 110 (8): 506-511.

Ogeng`o, J. 2014. The changing face of human anatomy practice : Learning from history and benefiting from technology. Anatomy Journal of Africa. 2014; 3(2): 308-312

Dorland, WAN. Kamus Kedokteran Dorland. Ed. 31. Jakarrta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2007.

Snell, RS. Anatomi Klinis Berdasarkan Sistem. Jakarta: Penerbit Buku Kedokterann EGC. 2011.

Singh V, Kharb P. A paradigm shift from teaching to learning gross anatomy: Meta analysis of implications for instructional methods. Journal of Anatomical Society of India.2013; 62: 84-89.

Hasan T, Ageely H, Bani I. Effective anatomy education – A review of medical literature. Rawal Medical Journal. 2010; 2(1): 30-34.

Arora L. Anatomy teaching – A passion or a profession. Journal of Dental and Medical Sciences. 2014; 13 (9): 33-34.

Ma M., Bale K, Rea, P.. Constructionist learning in anatomy education what anatomy students can learn through serious games development. 2012: 43-58.

El-Khalili, N. 3D-Web based anatomy computer-aided learning tools. The International Arab Journal of Infromation Technology. 2004; 2 (3), pp 248-252.

Finn, GM, Sawdon, M, Grikaitis, M. The additive effect of teaching undergraduate cardiac anatomy using cadavers and ultrasound echocardiography. European Journal of Anatomy. 2013; 16 (3): 199-205.

Cornwall J, Smith C. Anatomical models by F.J. Steger (1845-1938): the University of Otago Collection. European Journal of Anatomy. 2014; 8 (3): 209-211.

Johnson, EO, Charchanti AV, Troupis TG. Modernization of an anatomy class: From conceptualization to implementation: A case for integrated multimodal–multidisciplinary teaching. Anatomical Sciences Education Journal, 2012:1-13

Downloads

Published

2020-12-03

How to Cite

Puspasari Kiay Demak, I. ., Sari, P. ., & J. Tandirerung, F. . (2020). PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN ANATOMI YANG MENGGUNAKAN PREPARAT BASAH (KADAVER) DENGAN PREPARAT KERING PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 4(3), 30-36. https://doi.org/10.22487/htj.v4i3.74

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)