HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN NILAI TENTAMEN ANATOMI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
DOI:
https://doi.org/10.22487/htj.v4i2.66Keywords:
Gaya belajar, Tentamen anatomi, Prestasi belajarAbstract
Latar Belakang: Keberhasilan belajar tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi dalam
proses belajar, dalam penelitian ini hanya ditekankan pada faktor gaya belajar. Gaya belajar
merupakan suatu kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap dan kemudian mengatur serta
mengolah informasi. Gaya belajar yang sesuai dapat meningkatkan pembelajaran yang lebih efektif
dan efisien.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan nilai tentamen anatomi pada semester
ganjil mahasiswa tingkat III Program Studi Kedokteran FK UNTAD.
Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik total sampling dan sampel pada penelitian ini berjumlah 55 mahasiswa tingkat III yang
sesuai dengan kriteria insklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner VARK
versi 7.8 dan dilihat hubungannya dengan nilai tentamen anatomi mahasiswa tingkat III yang di
peroleh dari data sekunder yang di terbitkan oleh Departemen Anatomi FK UNTAD.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas responden memiliki gaya belajar kinestatik
berjumlah 18 mahasiswa (32,7%). Pada uji fixer exact di peroleh nilai P>0,05 artinya tidak terdapat
hubungan bermakna gaya belajar dengan nilai tentamen anatomi mahasiswa tingkat III Program Studi
Kedokteran FK UNTAD.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna gaya belajar dengan nilai tentamen
mahasiswa tingkat III program studi kedokteran FK Untad.
References
Alwi & Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka;2009. Dalyono M. Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta;2012. Data Departemen Anatomi FKIK Untad. Standar Operasional Prosedur Laboratorium Anatomi. Palu: Universitas Tadulako;2016.
Gilakjani AP. Visual, Auditorik, Kinestetik Learning Styles and Their Impact On English Language Teaching.
Journal Of Studies In Education. 2012;2(1):113. [cited 2016 Agu 20]. Available from:http://www.brainbutter.com.
Rahmawati E. Hubungan Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Bandar Lampung: Fakultas Kedokteran Unversitas Lampung;2016[cited 2016 Agu 23]. Available from:http://digilib.unila.ac.id.
Nurhidayah R. Pendidikan Keperawatan Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Medan: USU Press;2009.
Mohammed S. Investigating The Relationship Between Learning Styles, Strategies and The Academic
Performance of Saudi English. IIJE. 2012;1(8). [cited 2016 Feb 25]. Available from:Investigating_the_relationship_between_learning_styles_strategies_and_the_academic_performance_
of_saudi_english.pdf
Sundari. Hubungan Tipe Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro;2009[cited 2016 Feb 25]. Available from:http://repository.usu.ac.id.