Katarak Senilis Imatur : Laporan Kasus

Authors

  • Rezeky Rahmah Transari Siduppa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
  • Neni Parimo
  • Nur Syamsi

Keywords:

Katarak,  Usia tua, Faktor risiko

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan : Katarak merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan di dunia. Menurut WHO memperkirakan terdapat 39 juta orang buta di dunia dan setengahnya disebabkan oleh katarak. Di Indonesia, diperkirakan terdapat tambahan penderita katarak baru sekitar 1.000 orang setiap tahunnya. [2] Sekitar 85% dari penderita katarak adalah orang lanjut usia (senile). [3]

Laporan kasus : Laporan ini memaparkan kasus pasien laki-laki berusia 85 tahun dengan keluhan mengeluh penglihatan berasap pada mata sebelah kiri. Keluhan disertai dengan silau jika melihat cahaya. Riwayat darah tinggi dan kencing manis disangkal. Pemeriksaan tanda vital dalam batas normal. Pemeriksaan fisik mata didapatkan lensa oculi dextra et sinistra keruh, shadow test positif pada oculi dextra et sinistra. Kemudian dilakukan tatalaksana pada pasien yaitu pemberian obat tetes mata Catarlent eye drop lima kali sehari dan terapi bedah.

Kesimpulan : Fakoemulsifikasi merupakan metode terapi bedah terbaik dalam penanganan katarak senilis, meminimalisir terjadinya komplikasi astigmatisme dan lebih cepat dalam penyembuhan luka.

 

Downloads

Published

2024-04-20