DERMATITIS ATOPIK : LAPORAN KASUS

Authors

  • Moh. Ardiansyah H.M
  • Nur Hidayat
  • M. Sabir
  • Rosa Dwi Wahyuni

Keywords:

Dermatitis atopik (DA), reaksi imun, faktor resiko

Abstract

Pendahuluan : Dermatitis atopik adalah penyakit kulit kronis, berulang dan tidak menular yang ditandai dengan rasa gatal terus menerus pada kulit. penyakit kulit ini paling umum di masa kanak-kanak. Perkiraan prevalensi AD adalah 15% sampai 20% pada anak-anak dan 7% sampai 10% pada orang dewasa, sebagian besar pasien memiliki riwayat dermatitis atopik sejak kecil, dan ada juga kasus dewasa baru.

Laporan kasus : Laporan ini memaparkan kasus pasien laki-laki usia 56 tahun dengan keluhan gatal pada kulit daerah lipatan jari-jari tangan dan daerah kaki yang dirasakan sejak 4 bulan terakhir. Sebelumnya pasien memiliki riwayat sering gatal saat kecil dan sering bersin saat pagi hari. Riwayat penyakit pada keluarga berupa ibu pasien juga memiliki riwayat asma.

Kesimpulan : Dermatitis atopik adalah penyakit kulit kronis, berulang dan tidak menular yang ditandai dengan rasa gatal terus menerus pada kulit. Penyakit ini mudah untuk didiagnosis hanya dengan menggunakan kriteria hanifin-rajka. Pada kasus ini pemberian pengobatan topikal, obat-obatan sistemik berupa anti-inflamasi dan pelembab kulit dapat digunakan untuk mengatasi rekurensi dari dermatitis atopik.

Downloads

Published

2023-11-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>