Karakteristik Pasien Operasi Telinga Bagian THT-KL RS Undata Palu

Authors

  • Christian Lopo Tadulako University
  • Roberthy David Maelissa Tadulako University
  • Kartin Akune Tadulako University
  • Monyta Tri Setya Tonapa Tadulako University

Keywords:

Operasi telinga, Otitis media supuratif kronis

Abstract

Pendahuluan : Telinga merupakan salah satu alat indera yang penting bagi tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh. THT-KL (Telinga, Hidung, Tenggorokan - Kepala Leher) adalah sebuah cabang ilmu kedokteran dan bedah yang mempelajari tentang gangguan kesehatan pada bagian telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher manusia. Penanganan tindakan-tindakan medik maupun operasi dilakukan oleh dokter spesialis THT-KL. Operasi     Telinga,     Hidung     dan Tenggorokan  (THT)  adalah  operasi yang paling umum dilakukan dan sangat sering membutuhkan   ahli   bedah   dan   anestesi.

Tujuan : Untuk mengetahui karakteristik pasien operasi telinga bagian THT-KL RS Undata Palu tahun 2017-2021.

Metode : Metode yang digunakan adalah deskriptik retrospektif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari bagian THT-KL RS Undata Palu tahun 2017-2021.

Hasil : Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa jenis kelamin terbanyak adalah perempuan dengan jumlah 34 pasien (55,7%) dan laki-laki berjumlah 27 pasien (44,3%). Data kelompok usia 16-26 tahun adalah kelompok terbanyak dengan jumlah 24 pasien (39,3%) dan terendah pada kelompok usia >37 tahun sebanyak 11 pasien (18%). Distribusi penyakit telinga terbanyak adalah OMSK dengan jumlah 53 pasien (86,9%) dan terendah adalah OMA, hematoma auricular, mastoiditis kronis yaitu masing-masing sebanyak 1 pasien (1,6%). Jenis tindakan operasi telinga terbanyak adalah mastoidektomi sebanyak 53 tindakan (86,9%), sedangkan terendah adalah miringotomi, mastoidektomi radikal dan insisi hematoma yaitu masing-masing sebanyak 1 pasien (1,6%).

Kesimpulan : Jumlah pasien operasi telinga bagian THT-KL RS Undata Palu tahun 2017-2021 sebanyak 61 pasien dengan distribusi pasien terbanyak adalah wanita (24 pasien), kelompok usia 16-26 tahun (34 pasien), jenis penyakit OMSK (53 pasien), dan tindakan operasi mastoidektomi (53 Tindakan).

Downloads

Published

2023-05-21

Most read articles by the same author(s)