KEJADIAN SKABIES PADA LAKI-LAKI USIA 16 TAHUN DI RUMAH SAKIT UNDATA PALU : LAPORAN KASUS

Authors

  • Ni Kadek Budiartin
  • Nur Hidayat
  • Muhammad Nasir

Keywords:

Skabies , Sarcoptes scabiei varieta hominis

Abstract

Latar Belakang : Skabies merupakan penyakit infeksi kulit menular yang disebabkan tungau betina Sarcoptes scabiei varieta hominis yang termasuk dalam kelas Arachnida. Skabies merupakan masalah kesehatan masyarakat umum diseluruh dunia, dengan prevalensi secara global 300 juta orang yang terinfeksi. Penularan skabies dapat terjadi melalui kontak dengan obyek terinfestasi seperti handuk, selimut, atau lapisan furnitur dan dapat pula melalui hubungan langsung kulit ke kulit. Tempat-tempat yang menjadi favorit bagi sarcoptes scabei adalah daerah-daerah lipatan kulit, seperti telapak tangan, kaki, selangkangan, lipatan paha, lipatan perut, ketiak dan daerah vital.

Ringkasan Kasus : Kasus ini merupakan kasus pada seorang pasien laki-laki usia 16 tahun yang datang ke poli kulit dan kelamin di RSUD Undata Palu yang didiagnosa dengan skabies.

Kesimpulan : Pasien didiagnosis sebagai skabis. Faktor kemungkinan pasien dapat tertular dari temannya yang sempat menderita penyakit yang sama menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit skabies pada kasus ini. Usulan pemeriksaan penunjang adalah pemeriksaan dengan membuat biopsy irisan dari lesi untuk memeriksa tungau, biopsy eksisional dan diperiksa dengan pewarnaan haematoxylin-eosin (HE) serta pemeriksaan tungau dengan mikroskop cahaya.

Downloads

Published

2023-05-22

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>