KISTA OVARIUM NEOPLASMA DENGAN PROLAPS RAHIM: LAPORAN KASUS

Authors

  • Vallerie Rompas
  • Herdhana Suwartono
  • Muhammad Nasir
  • Hasanuddin

Keywords:

kista ovarium, vagina, prolaps uteri, laparatomi, patracet, cefadroxil

Abstract

Latar Belakang : Kista ovarium merupakan salah satu tumor jinak yang sering dijumpai pada wanita usia reproduktif. Jarang sekali di bawah umur 20 maupun di atas 50 tahun. Insiden yang sering terjadi pada wanita usia 30-54 tahun dan yang paling tinggi adalah wanita dengan kulit putih. di Asia Tenggara dimana Indonesia termasuk di dalamnya, insiden kista ovarium mencapai 6,6%, Di Indonesia sekitar 25-50% kematian wanita usia subur disebabkan oleh masalah yang berkaitan dengan kehamilan, persalinan, serta penyakit yang mengenai sistem reproduksi misalnya kista ovarium. Pada kasus ini, pasien mengalami kista ovarium yang disertai prolaps uteri, sehingga menarik minat penulis untuk melaporkan kasus ini dan untuk mengetahui cara mendiagnosis mulai dari anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang hingga penatalaksanaan kista ovarium dan penyakit penyertanya.

 

Ringkasan kasus : Pasien perempuan 41 tahun dengan keluhan nyeri perut dan perut membesar yang dialami sejak ± 2 tahun sebelum masuk RS. Awalnya berupa benjolan kecil, namun lama kelamaan semakin membesar. Keluhan lain berupa sesak (+), perdarahan pervaginam (+), selera makan menurun dan ada keluar tonjolan dari vagina. Pemeriksaan ginekologis: Pada palpasi abdomen teraba massa kistik mencapai hingga mammae inferior. Pemeriksaan tumor marker Ca-125: 283,9U/ml

Kesimpulan : dari anamnesis, pemeriksaan fisik dan penunjang pasien di diagnosis kista ovarium neoplastic dengan prolapses uteri. Faktor pencetus dari kista ovarium dari kasus ini belum diketahui secara pasti. Pada pasien ini dilakukan tindakan laparatomi dan terapi farmakologis berupa Patracet 3x1, Sulcralfat syr 3x1, Plasminex 3x1 (jika berdarah). 3 hari pasca operasi pasien di bolehkan pulang dengan pengobatan oral Cefadroxyl 2x500 mg, Asam Mefenamat 3x500 mg.

Downloads

Published

2023-05-24