HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU REMAJA TENTANG SEKSUAL BEBAS

Authors

  • Nurlathifah Bahdad
  • Vera Diana Towidjojo
  • Puspita Sari
  • Andi Nur Asrinawaty

Keywords:

Tingkat pengetahuan, perilaku seksual, seksual bebas, remaja

Abstract

Pendahuluan: Seksual bebas adalah bentuk pembebasan seks yang dipandang tidak wajar dan dilakukan tanpa melalui pernikahan yang sah. Kejadian seksual bebas remaja dapat terjadi akibat adanya faktor yang mendorong terjadinya perilaku tersebut. Pengetahuan yang tepat mengenai seksual akan menentukan seorang remaja untuk mengambil sikap dan tindakan kedepannya.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan perilaku remaja tentang seksual bebas.

Metode: penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Koresponden yang digunakan berasal dari siswa siswi SMA Negeri 5 Palu yang berjumlah 77 siswa.

Hasil: Dari 77 siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu yang dijadikan sampel sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan yang rendah dengan jumlah 54 orang (70,1%) dan unttuk perilaku seksual didominasi pada tingkat yang cukup berisiko yaitu 39 orang (50,6%). Hasil uji spearman rank didapatkan signifikasi 0,245 (>0,05) yang artinya kedua variabel tidak memiliki hubungan yang berarti.

Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan perilaku remaja tentang seksual bebas pada siswa SMA Negeri 5 Palu.

Downloads

Published

2023-05-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>