Benefical vitamin D dan vitamin C in Covid-19: A Systematic Review

Authors

  • Danti Ayu Saraswati
  • Muh Ardi Munir

Keywords:

Vitamin C, Vitamin D, COVID-19.

Abstract

Latar Belakang : COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) merupakan virus yang berasal dari virus corona yaitu SARS-CoV-2. Kesehatan tubuh manusia sebagian besar dipengaruhi oleh kekebalan manusia. Salah satu cara pencegahan dan pengobatan yang berkaitan dengan gizi adalah dengan asupan vitamin C dan vitamin D, karena diyakini dapat memberikan efek positif bagi kekebalan tubuh.

Tujuan : Untuk mengetahui manfaat vitamin C dan Vitamin D pada pasien Covid-19.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode dengan sistematik review. Sumber dari penelitian diperoleh dengan mencari berbagi jurnal nasional dan internasional. Umumnya jurnal diindeks pada google schoolar, Elsevier, science direnct, NCBI, e-book, dan lainnya. Literalture yang dikumpulkan sesuai dengan tema yang akan diangkat.

Hasil : Studi ini menunjukkan manfaat penggunaan vitamin C dan D untuk pengobatan pada pasien Covid-19. Vitamin C dan D meningkatkan daya tahan sel dengan mengurangi badai sitokin yang disebabkan oleh sistem imun bawaan, yang berperan dalam mengurangi kerusakan jaringan akibat peradangan, seperti yang ditemukan pada pasien COVID-19. Vitamin C dan D berperan dalam sistem kekebalan bawaan untuk menghasilkan sitokin antiinflamasi dan proinflamasi sebagai respons terhadap infeksi bakteri dan virus.

Kesimpulan : Vitamin C dan D memiliki manfaat yang signifikan terhadap infeksi Covid-19 dengan meningkatkan daya tahan sel dan menekan badai sitokin.

Downloads

Published

2022-12-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>